7 Fungsi WiFi yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

7 Fungsi WiFi yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

1. Sinkronisasi HP ke Laptop Tanpa Kabel

Sync-to-PC
Jika dulu kamu harus menggunakan kabel USB jika ingin mentrasfer data dari smartphone ke laptop atau sebaliknya, sekarang kamu bisa memanfaatkan WiFi sebagai perantaranya. Kamu cukup men-download berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play, seperti WiFi File Explorer, Dazzboard, Awesome Drop, Xender, dan masih banyak lagi.

2. Mengubah Smartphone Jadi Remote Control

Smartphone-Remote-Control
Memanfaatkan koneksi WiFi yang ada, kamu bisa mengubah smartphone kamu jadi remote untuk PC dan laptop kamu lho. Caranya gampang banget, kamu tinggal download aja aplikasi Gmote di Google Play. Nah, cara untuk menjalankannya, kamu bisa baca Cara Mengendalikan Komputer Lewat HP.

3. Print Tanpa Kabel

Print-Over-Wifi
Jika kamu mempunyai printer dengan menyediakan fitur wireless menggunakan sinyal WiFi, berarti kamu bisa nih mengirim data ke printer kamu untuk langsung dicetak. Enak banget kan ya, bisa nge-print sambil leha-leha di kasur tanpa harus colokin kabel apa pun.

4. Transfer Foto dari Kamera Digital

Eye-Fi-Mobi
Mentransfer foto dari kamera digital ke smartphone ataupun komputer dan laptop memang butuh usaha ekstra, apa lagi jika kamera kamu tidak mempunyai fitur WiFi. Untungnya, sekarang ada SD Card yang sudah ada WiFi build-in di dalamnya lho! SD Card bernama Eye-Fi Mobi ini akan menjadi access point alias hotspot yang bisa kamu hubungkan ke smartphone dan laptop atau komputer untuk mentrasfer data.

5. Share Data dari Komputer ke Komputer Lain

Transfer-File-dari-PC-ke-PC
Jika kamu sedang bekerja dengan temanmu di dalam sebuah ruangan dengan satu jaringan WiFi yang sama, ada cara mudah untuk mentransfer file lho. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi DropBox yang secara otomatis mengubah mode pengiriman data over WiFi jika komputer kamu dan temanmu dalam satu jaringan WiFi.

6. Koneksikan Smartphone ke Speaker

WiFi-Speaker
Kamu juga bisa memanfaatkan jaringan WiFi untuk menyambungkan smartphone atau laptop kamu ke speaker lho. Yang jelas, pastikan dulu jika speaker kamu sudah mendukung jaringan WiFi ya. Memang sih, sekarang ini masih sedikit speaker yang sudah mempunyai fitur WiFi di dalamnya.

7. Screen Mirroring dari Smartphone ke Laptop

Screen-Mirroring
Yang terkahir, kamu bisa menggunakan sinyal WiFi untuk menampilkan tampilan di layar smartphone kamu ke laptop ataupun PC. Kamu tinggal menggunakan beberapa aplikasi tambahan untuk menampilkan tampilan smartphone kamu ke laptop ataupun PC, seperti AirDroid, Mobizen, dan lainnya.
Itulah beberapa fungsi sinyal WiFi yang berguna juga untuk kegiatan kamu.

Source : jalantikus.com

No comments:

Post a Comment