5 Hal 'Gila' yang Bisa Kamu Lakukan di PC dengan RAM 1 TERABYTE


Random Access Memory atau RAM adalah salah satu komponen penting dalam perangkat PC, laptop, smartphone, dan gadget lainnya. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data untuk program atau aplikasi yang sedang digunakan, kapasitas RAM yang lebih besar kini jadi kebutuhan para pengguna gadget.
Perkembangan RAM sendiri, terutama pada perangkat PC, diramalkan akan tumbuh pesat dalam bentuk peningkatan kapasitas yang super drastis. Bahkan, situs Make Use Of meyakini jika ke depannya RAM untuk PC akan dibuat sebesar 1 terabyte! Hal ini didasari pertumbuhan hard drives semisal hard disk yang kini bisa mencapai 24 terabyte.
Lalu apa saja yang bisa kita lakukan dengan RAM sebesar 1 terabyte alias 1.000 gigabyte? Jawabannya sesimpel "apa saja". Untuk memberi kamu sedikit gambaran, berikut Jaka ulas lima hal 'gila' yang bisa kamu lakukan di PC dengan RAM 1 terabyte.

5 Hal 'Gila' yang Bisa Kamu Lakukan dengan RAM PC 1 Terabyte

ram-pc-1-terabyte
Ingin lebih dulu membayangkan seperti apa RAM 1 terabyte? Kira-kira gambar di atas ini bisa memberi gambaran seperti apa penampakan RAM super tersebut. Jika dirinci, dalam gambar di atas terdapat 16 buah memori berkapasitas 64 GB yang jika dikalikan jumlahnya sebesar 1.024 GB yang sama dengan 1 terabyte.
Dengan RAM sebesar itu, berikut ini lima hal 'gila' yang tentunya bisa kamu lakukan dengan PC kamu:

1. Membuka Ribuan Tabs

ram-pc-1-terabyte-1
Kamu termasuk tipe yang gemar membuka banyak tabs saat browsing? Tentunya kamu sering banget mengalami masalah seperti nge-lag atau jadi super lemot. Jika itu terjadi terutama pada kamu yang pekerjaannya dituntut gerak cepat, maka bukannya lebih cepat pekerjaan kamu malah akan jadi memakan waktu lama.
Sebagai perbandingan, untuk membuka sebanyak 15 tabs memakan kapasitas RAM 520 MB (menggunakan Mozilla Firefox) dan 750 MB (Google Chrome). Tapi jika RAM yang kamu miliki sebesar 1 terabyte? Kamu tentu gak akan kuatir meski harus membuka ribuan tabs sekalipun.

2. Buffer Ratusan Video

ram-pc-1-terabyte-2
Kamu penggila streaming? RAM dengan ukuran raksasa tentunya adalah impian buat kamu. Dengan RAM sebesar 1 terabyte, kamu bisa memutar atau membiarkan ratusan video melakukan buffering dalam waktu bersamaan tanpa takut PC kamu hang. Jadi, kamu gak akan lagi merasakan waktumu terbuang sia-sia cuma untuk menunggu video selanjutnya yang masih dalam proses buffering.

3. Loading Banyak Game

ram-pc-1-terabyte-3
RAM super besar juga pastinya jadi kabar gembira untuk gamers. Apalagi game-game berat masa kini sudah 'menyedot' kapasitas RAM sesaat setelah game itu akan dimulai alias proses loading. Segala macam data seperti tekstur, model, musik dan lain-lain perlu dimuat terlebih dulu dalam proses loading.
Tapi lain cerita jika kamu punya RAM sebesar 1 terabyte. Untuk membuka dan memulai sebuah game, kamu diyakini gak perlu lagi menunggu untuk proses loading karena game tersebut akan otomatis terbuka layaknya saat kita membuka folder. Bahkan, hal itu bisa kamu terapkan gak hanya untuk satu game, tapi banyak game yang ada di PC kamu.

4. Jalankan Beberapa OS Bersamaan

ram-pc-1-terabyte-4
Kamu pasti sering mendengar atau membaca tips bagaimana Operating Systems (OS) A digunakan pada perangkat B dan sebaliknya, OS B digunakan pada perangkat A. Namun, hal ini sangat rentan gagal atau malah memperlambat PC kamu karena kapasitas RAM yang membatasi OS tersebut bekerja maksimal. Lagi-lagi lain cerita jika RAM yang kamu punya adalah sebesar 1 terabyte. Kamu bahkan bisa memodifikasi dan menggunakan OS apapun yang kamu mau di perangkat PC apapun tanpa takut lemot.

5. Ubah Jadi RAM Disk

ram-pc-1-terabyte-5
Hal ini mungkin sering dilakukan orang yang ingin mendongkrak kecepatan transfer data. Dengan mengubah RAM menjadi RAM Disk, kecepatan transfer data diyakini bisa meningkat hingga 11 kali lipat. Jadi buat kamu yang gila kecepatan, bisa kamu bayangkan gimana cepatnya RAM 1 terabyte kamu jika kamu tingkatkan jadi 11 kali lebih cepat.

Akhir Kata

Itulah lima hal 'gila' yang bisa kamu lakukan di PC dengan RAM sebesar 1 terabyte. Meskipun sekarang kamu baru bisa berandai-andai, bukan mustahil dalam beberapa tahun ke depan kamu benar-benar bisa memiliki RAM super dan melakukan hal-hal gila di atas.

Source : jalantikus.com

No comments:

Post a Comment