10 Aplikasi Android Terbaik Mengatasi Kecanduan Smartphone


Segala hal yang berbau kecanduan memang tidak baik. Dalam kasus kecanduan smartphone sendiri, hal buruk yang bisa ditimbulkan antara lain menurunnya kualitas kita dalam bersosialisasi hingga beberapa penyakit yang berdampak negatif bagi kesehatan.
Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih kamu tips untuk mengatasi kecanduan akan smartphone dengan sepuluh aplikasi terbaik di bawah ini. Langsung aja disimak:

10 Aplikasi Android Terbaik Mengatasi Kecanduan Smartphone

1. Offtime

offtime
Offtime adalah aplikasi yang pas untuk kamu yang benar-benar butuh offtime dengan smartphonemu. Aplikasi ini bisa menganalisa aktivitas gak berguna dan buang-buang waktu yang selama ini kamu lakukan dengan smartphonemu. Selain itu, kamu juga bisa memblokir beberapa aplikasi yang bikin kamu kecanduan selama ini.

2. Checky

checky
Checky juga termasuk aplikasi yang bisa menganalisa kebiasaan aktivitas di smartphone kamu. Aplikasi ini membantu kamu lebih aware dan akan merekomendasikan batas penggunaan smartphone di tiap harinya agar kamu gak lagi kecanduan.

3. Moment

moment
Moment memungkinkan kita mengatur batas penggunaan smartphone di setiap harinya. Jika sudah mendekati batas, maka otomatis akan muncul notifikasi yang memberi peringatan bagi si pengguna. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di App Store alias belum tersedia di Play Store.

4. AppBlock – Stay Focused

appblock
AppBlock – Stay Focused melatih kamu untuk fokus ketika sedang menjalani aktivitas penting seperti kuliah atau bekerja. Aplikasi ini bertugas untuk memblokir aplikasi yang berpotensi menggangu kamu, contohnya adalah media sosial dan aplikasi chatting.

5. Quality Time

quality time
Quality Time memastikan kamu menggunakan aplikasi yang berguna di smartphonemu. Sehingga waktu yang kamu habiskan di smartphone benar-benar berkualitas. Jadi, aplikasi ini bisa membatasi penggunaan beberapa aplikasi kurang penting di smartphonemu.

6. Forest: Stay focused

forest
Forest: Stay focused lebih berfungsi untuk mengalihkanmu dari aplikasi lain. Kamu akan diberikan kesempatan untuk menanam pohon begitu membuka aplikasi ini. Pohon itu akan terus tumbuh kecuali kamu membuka aplikasi lain seperti media sosial.

7. AppDetox – Digital Detox

appdetox
AppDetox – Digital Detox berfungsi untuk menurunkan intensitas penggunaan smartphone. Dengan fitur lock yang disediakan, aplikasi ini mampu mengunci beberapa aplikasi yang diyakini akan memakan banyak waktumu jika sekali dibuka.

8. BreakFree Cell Phone Addiction

breakfree
BreakFree Cell Phone Addiction juga aplikasi yang mampu memonitor aktivitas dan kebiasaanmu di smartphone. Ketika merasa level kecanduanmu sudah cukup tinggi, aplikasi ini akan otomatis memutus koneksi smartphonemu lho.

9. ClearLock: block distractions!

clearlock
ClearLock: block distractions! merupakan salah satu aplikasi yang paling gak basa-basi. Aplikasi ini berfungsi untuk memblokir aplikasi yang dianggap gak berguna tapi menyebabkan kecanduan berlebih.

10. Flipd: Distraction Blocker

flipd
Flipd: Distraction Blocker berfokus pada meningkatkan atensi penggunanya pada hal-hal produktif ketimbang bermain smartphone. Dengan tampilan simpel hanya berupa timer, aplikasi ini memaksa kamu untuk fokus pada aktivitas produktif kamu dengan mengalihkan berbagai aplikasi lain di smartphone.

Akhir Kata

Itulah sepuluh aplikasi Android terbaik untuk mengatasi kecanduan smartphone yang kamu alami. Aplikasi di atas memang akan sangat membantu kamu, tapi tetap hal paling penting yang kamu butuhkan supaya bisa mengatasi kecanduan smartphone adalah komitmen. Mantapkan dulu niat untuk bisa lepas dari kecanduan. Good luck, gangs!

Source : jalantikus.com

No comments:

Post a Comment